Bantuan

Apakah Maidium itu?
Maidium adalah sebuah platform yang memberikan kemudahan bagi pengguna jasa untuk mendapatkan pekerja terlatih. Tidak sekedar menyalurkan pekerja, Maidium juga berperan aktif meningkatkan standar keterampilan pekerja sesuai dengan tuntutan pengguna jasa, serta memberikan perlindungan pada pekerja untuk dapat bekerja dalam lingkungan dan kondisi yang layak.
Bagaimana cara kerja platform ini?
Maidium menyediakan listing para pekerja yang dapat di-booking oleh pengguna jasa. Setelah berstatus booked, tim kami akan melakukan survey pada lokasi pengguna jasa. Apabila laporan survey memenuhi persyaratan, pengguna jasa akan menandatangani surat perjanjian. Pekerja akan diberangkatkan menuju lokasi setelah segala proses dan biaya administrasi dilakukan oleh pengguna jasa.
Jenis layanan apa saja yang tersedia di Maidium?
Saat ini, platform Maidium telah memiliki layanan pekerja handal untuk house maid atau pembantu rumah tangga, baby sitter, dan juga perawat jompo/lansia yang telah melalui pelatihan khusus untuk meningkatkan standar keterampilan pekerja. Kedepannya, Maidium masih akan terus mengembangkan layanannya pada jasa driver, gardener, chef, dan masih banyak lagi lainnya.
Apakah calon pencari pekerja harus mendaftar sebelum booking pekerja?
Ya. Dengan mendaftarkan data yang valid akan mempermudah Anda dalam proses booking pekerja yang segala prosesnya berjalan secara otomatis melalui sistem dari platform Maidium.
Apakah data pribadi saya dalam akun Maidium saya aman?
Ya. Platform Maidium dilengkapi dengan teknologi keamanan online dan kami tidak akan memberikan informasi pribadi pelanggan kami kepada pihak ketiga tanpa seizin Anda.
Bagaimana cara mengganti password akun Maidium saya?
Penggantian password dapat dilakukan dengan mudah melalui akun Anda. Masuk ke dashboard, klik menu profil & pengaturan, lalu pilih tab pengaturan akun, masukkan kata sandi lama Anda dan juga kata sandi baru yang Anda inginkan.
Bagaimana cara mengganti data informasi pribadi saya?
Anda dapat mengganti informasi pribadi Anda dengan mengakses menu profil & pengaturan, lalu pilih tab Profil untuk mengubah informasi profil Anda dan/atau pilih tab Data Lainnya untuk mengubah informasi tempat tinggal dan lainnya, pastikan sebelum mengakses menu tersebut Anda dalam keadaan login.
Bagaimana cara mengganti email dan nomor hp yang sudah terdaftar?
Anda tidak dapat mengganti email atau nomor hp yang sudah terverifikasi. Untuk mengganti, silakan hubungi support kami melalui email support@maidium.id.
Bagaimana mekanisme Booking pada listing pekerja?
Pengguna jasa dapat melakukan pencarian kandidat pekerja sesuai dengan kriteria. Apabila merasa cocok, pengguna jasa dapat melakukan proses booking. Setelah status booking didapat, tim Maidium akan mengontak pengguna jasa untuk penjadwalan survey. Apabila tim Maidium mendapatkan laporan survey yang sesuai, maka pengguna jasa akan melakukan penandatanganan perjanjian dan pekerja akan diantar menuju lokasi oleh tim Maidium setelah semua proses dan biaya administrasi dilakukan oleh pengguna jasa.
Apakah Maidium memiliki tim perekrutan pekerja di daerah?
Ya. Maidium memiliki tim perekrutan yang sangat berpengalaman dalam bidang penyediaan human resource baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tim Perekrutan Maidium melakukan tugasnya mulai dari proses seleksi wawancara, input data pekerja, medical check-up, pengurusan asurasi hingga pelatihan bersertifikat.
Mengapa tim Maidium harus melakukan survey pada pengguna jasa?
Seperti halnya kandidat pekerja, data-data pengguna jasa pun harus kami dapatkan. Hal ini untuk menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak. Selain itu, kami harus memastikan bahwa penggunaan jasa sesuai dengan data yang didapat, dan masing-masing pihak harus kami pastikan mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban masing-masing sesuai ketentuan.
Bagaimana skema pembayaran Maidium?
Skema biaya Maidium cukup sederhana:
  1. Biaya administrasi sebesar Rp. 2.000.000 untuk ART dan Rp. 2.500.000 untuk suster (Babysitter dan Perawat Lansia) yang akan dibayarkan 1 kali sebelum keberangkatan. Biaya tersebut terdiri dari komponen: biaya medical check-up pekerja, asuransi kesehatan pekerja untuk 1 tahun, biaya pelatihan, biaya transportasi dari daerah asal pelatihan pekerja menuju lokasi pengguna jasa dan biaya jasa platform.
  2. Deposit sebesar 1 bulan gaji pekerja yang fungsinya hanya untuk berjaga-jaga jikalau pengguna jasa terlambat membayar gaji atau membayar gaji melewati masa pembayaran gaji, karena seluruh pekerja kami harus gajian sesuai waktunya. Deposit akan dikembalikan setelah masa kerjasama selesai. Masa kerjasama yang dimaksud di sini adalah masa kerjasama yang jika kontrak belum habis pun akan tetap wajib dikembalikan.
  3. Gaji Pekerja yang jumlahnya berbeda-beda, yang dibayarkan pengguna jasa pada Maidium per bulan. Contoh, biaya standar untuk jenis pekerja Pembantu Rumah Tangga adalah Rp. 2.300.000,- (biaya bisa berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan). Pengguna jasa akan membayarkan gaji pekerja pada Maidium, dan Maidium akan meneruskan pada rekening pekerja.
Apakah saya bisa booking lebih dari 1 pekerja?
Ya. Platform Maidium secara sistem mengizinkan Anda untuk melakukan pemesanan hingga 3 pekerja aktif dan secara sistem juga platform Maidium akan menghentikan proses pemesanan Anda jika sudah memiliki 3 pekerja aktif yang terkoneksi dengan akun Anda.
Bagaimana jika saya ingin memperpanjang masa kerjasama dengan pekerja?
Setelah masa kontrak kerjasama telah berakhir, Anda bisa melakukan pengajuan perpanjangan dengan bernegosiasi secara langsung dengan tim marketing Maidium melalui email marketing@maidium.id atau melalui fitur pesan pada Dashboard Anda.
Kapan pekerja akan mulai bekerja di tempat saya?
Tepat setelah Anda siap untuk dilakukan survey lokasi dan menyatakan DEAL, Anda akan menandatangani kontrak kerjasama antara Anda dengan platform Maidium dan kontrak kerjasama antara Anda dan pekerja. Pekerja akan segera diantarkan ke lokasi Anda dan mulai bekerja. Hari di mana pekerja sampai di tempat Anda akan terhitung sebagai hari pertama pekerja mulai bekerja.
Apakah seluruh pekerja yang terdapat dalam marketplace Cari Pekerja Maidium dapat dibooking?
Tidak. Hanya pekerja dengan status Ready to Work yang dapat dibooking, karena dalam marketplace terdapat juga pekerja yang masih dalam proses training dengan status On Training dan pekerja yang sudah bekerja dengan status Working.
Bagaimana jika saya ingin membatalkan pemesanan?
Anda dapat membatalkan pesanan yang telah Anda lakukan selama belum ada respon dari Marketing Maidium atau status pemesanan masih dalam keadaan Booking. Jika sudah melewati status Booking atau pihak Marketing sudah menghubungi Anda, pembatalan harus diajukan secara langsung kepada pihak Marketing dengan menyebutkan kode pemesanan.
Bagaimana jika saya ingin melakukan penjadwalan ulang untuk survey lokasi?
Pengaturan jadwal survei ulang dapat dilakukan dengan menghubungi pihak Marketing secara langsung melalui email marketing@maidium.id atau telpon ke +62 812-985-32189 dengan menyebutkan kode pemesanan.
Bagaimana cara konfirmasi pembayaran?
"Proses konfirmasi pembayaran terbagi atas pembayaran Administrasi Awal dan Gaji Pekerja Setiap Bulannya, cukup mudah:
  1. Konfirmasi pembayaran Administrasi
    Anda akan menerima email untuk melakukan konfirmasi pembayaran dan Anda hanya perlu mengupload bukti pembayaran dengan klik tombol Konfirmasi Pembayaran yang terdapat dalam badan email.
  2. Konfirmasi pembayaran Gaji Bulanan Pekerja
    Anda hanya perlu menghubungi Marketing Maidium untuk melaporkan bukti pembayaran melalui email marketing@maidium.id, telpon, atau mengirimkan foto bukti transfer via whatsapp di nomor +62 812-985-32189 dengan menyertakan kode pesanan."
Bagaimana caranya melakukan interview dengan pekerja?
Di platform Maidium, kami mempermudah segala proses dari pencarian hingga pekerja hingga deal kerjasama dengan pekerja. Interview dilakukan secara online dengan video-call sesuai dengan jam yang Anda atur dan melalui media yang Anda tentukan. Terdapat 3 media untuk melakukan interview online, Whatsapp Video-Call, Skype Video-Call, atau Google Hangout.
Bagaimana jika pekerja yang saya inginkan masih dalam proses training?
Platform Maidium dilengkapi dengan fitur Notify Me yang berfungsi untuk memberikan pemberitahuan kepada Anda melalui email setelah pekerja yang Anda inginkan telah melewati/lulus masa training untuk segera Anda booking.
Bagaimana jika saya tidak cocok dengan pekerja atau sebaliknya?
Jika pekerja berhenti/diberhentikan selama 1 bulan pertama dengan alasan yang logis, maka tim Maidium akan sesegera mungkin mencarikan pekerja lain yang memiliki kualifikasi dan keterampilan yang sesuai dengan keinginan Anda untuk menggantikan pekerja sebelumnya.
Bagaimana jika pekerja melakukan tindakan kriminal?
Tim dan platform Maidium secara langsung memberikan perlindungan untuk kedua belah pihak yang saling bekerjasama dengan melibatkan kontrak kerja yang mengikat kerjasama antara pengguna jasa dengan pekerja yang mengacu pada peraturan ketenagakerjaan Republik Indonesia yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dipengadilan yang berlaku.
Bagaimana cara melaporkan kinerja pekerja?
Tim Maidium secara berkala selama 6 bulan pertama akan melakukan monitoring secara langsung ke lokasi Anda atau menghubungi Anda sesuai dengan persetujuan Anda untuk memastikan pekerja memberikan kinerja kerja yang baik dan Anda memberikan perlakuan yang baik sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Selain itu, terdapat fitur Pesan pada akun Dashboard Anda untuk mempermudah Anda ketika akan melaporkan kinerja pekerja.

Log In

Terima Kasih

Terima kasih telah mendaftarkan akun Pengguna Jasa di Maidium.

Silakan buka email Anda. Kami telah mengirimkan petunjuk aktivasi akun Anda.

Anda Telah Terdaftar

Akun Anda telah terdaftar pada form notifikasi pekerja terpilih.

Sistem akan mengirimkan pemberitahuan ke email Anda ketika pekerja terpilih tersedia kembali.