Tips Memilih Babysitter Terbaik untuk si Kecil

Tips Memilih Babysitter Terbaik untuk si Kecil

Kesulitan menemukan baby sitter yang dapat dipercaya seringkali menjadi masalah yang dirasakan oleh kebanyakan para ibu pekerja yang tinggal di kota-kota besar. Setelah jabang bayi lahir, dan cuti melahirkannya sudah habis, maka ibu harus kembali disibukan oleh aktivitas kantor.

Kekhawatiran utama para ibu biasanya “apakah si kecil dirawat dengan baik” atau “apakah si kecil diajarkan yang baik-baik?” dengan banyaknya kasus baby sitter yang tidak memperlakukan bayi dengan baik, tentu saja hal ini menjadi kekhawatiran utama para ibu. 
Berikut ini tips dari Maidium untuk memilih baby sitter yang terbaik untuk si kecil.

Pengalaman kerja

Memilih penjaga anak, terlebih anak kita masih bayi, tentu tidak boleh sembarangan. Pastikan pekerja yang akan Anda ambil sudah memiliki pengalaman. Ini mutlak. Selain menanyakannya secara langsung ke calon pekerja, Anda juga bisa mengecek dengan menghubungi keluarga di mana si babysitter sebelumnya bekerja. Anda dapat mengetahui kinerjanya, alasan mengapa dia memutuskan untuk pindah kerja, dan memastikan apakah memiliki latar belakang kriminal atau tidak.

kelengkapan dokumen baby sitter maidium

Kelengkapan dokumen

Sebelum memutuskan mengambil pekerja tersebut, pastikan yang bersangkutan memiliki dokumen dan identitas yang lengkap dan jelas. Ketahui alamat rumahnya dengan jelas, KTP asli, riwayat pendidikan, status dalam keluarga, apakah memiliki suami dan anak, apakah punya riwayat penyakit, nomor telepon keluarga terdekat untuk kemudahan menghubungi jika terjadi sesuatu. Semuanya harus jelas. Jika ada dokumen yang harus disusulkan, pastikan kapan Anda akan dapat menerimanya.

usia baby sitter itu penting maidium

Kematangan usia

Hal ini sering kali tidak diperhatikan karena menganggap baby sitter yang usianya masih muda mungkin bisa menjadi pengasuh sekaligus teman yang baik untuk si kecil. Namun sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena semakin muda usia pengasuh maka emosinya juga belum stabil.
Untuk mengasuh bayi, sebaiknya pilih babysitter yang sudah cukup umur. Kematangan usia di sini menunjukkan pengalamannya. Artinya, sebaiknya hindari mengambil babysitter yang terlalu muda.

Lakukan wawancara

Untuk kemantapan sebelum menentukan babysitter mana yang akan Anda ambil, sangat penting untuk Anda melakukan wawancara sehingga Anda bisa lihat bagaimana postur tubuh juga ekspresinya ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.
Untuk melakukan wawancara dengan pekerja Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah karena kini Anda sudah bisa melakukan wawancara secara online melalui video call. Ajukan pertanyaan-pertanyaan sedetail mungkin bahkan pertanyaan yang keluar dari topik pembicaraan agar kepribadian pekrja dapat kita lihat tanpa disadarinya. Ada baiknya Anda sudah menyiapkan pertanyaan yang akan ditanyakan sehingga wawancara yang dilakukan efektif.

bayi maidium

Kenalkan ke si kecil

Ketika wawancara, kenalkan si kecil dan jelaskan karakter juga sifat si kecil agar pekerja bisa lebih mudah dekat dengan si kecil. Ajaklah mereka untuk berinteraksi dan lihat reaksi masing-masing. Anda akan merasakah apakah baby sitter ini memang bisa mengasuh anak dengan baik atau tidaknya, jika dirasa kurang cocok, sudahi wawancara dan berikan keputusan secara terpisah dengan cara menghubungi pihak penyedia jasa.

penanganan pertolongan pertama

Penanganan kondisi darurat

Sangat penting untuk pengasuh anak Anda mengetahui bagaimana cara menangani kondisi darurat karena tidak dipungkiri, anak-anak bermain tanpa hati-hati meskipun terus diawasi, tapi tidak menutup kemungkinan tentang terjadinya hal-hal darurat seperti menggunakan p3k, menangani tersedak, keracunan makanan, alergi, hingga teknik napas bantuan.

baby sitter harus menjaga kebersihan

Bersih dan suka kebersihan

Untuk mengasuh anak-anak, kebersihan adalah hal yang paling diperlukan. Seorang baby sitter yang baik pastinya akan memperhatikan kebersihan ruang bermain anak, peralatan main anak, ruang tidur, peralatan tidur, peralatan makan, dan lainnya dalam keadaan bersih bahkan steril. 
Hal ini juga dapat terlihat dari fisik baby sitter tersebut, orang yang memperhatikan kebersihan lingkungan pasti juga memperhatikan kebersihan dirinya sendiri, seperti tidak bau badan, berambut rapi, berpakaian bersih, berkuku pendek dan bersih, dan masih banyak lagi

Pilih penyedia jasa terpercaya

Jika Anda bermaksud mengambil tenaga pekerja Babysitter dari sebuah yayasan atau penyalur atau agen, pilihlah agen yang sudah memiliki reputasi baik, profesional, serta syukur-syukur sudah punya nama yang terkenal.evaluasi kinerja kerja baby sitterEvaluasi dan ambil keputusan

Sesekali, ajak baby sitter untuk berbincang hanya dengan Anda dan pasangan untuk membicarakan kinerjanya dan menanyakan tentang anak Anda. Lihat ekspresinya ketika sedang menjawab pertanyaan Anda, jika pekerja menjawab pertanyaan dengan nada bicara yang tenang dan postur tubuh yang tenang maka itu adalah jawaban yang jujur. Sebaliknya, jika pekerja menjawab pertanyaan dengan nada yang tinggi dan postur tubuh yang tidak tenang seperti memalingkan wajah atau terus menggerak-gerakan tangan, ini patut dicurigai karena kemungkinan besar sedang menyembunyikan sesuatu.
Tanyakan juga pada tetangga atau orang lain di rumah untuk memastikan bagaimana dia memperlakukan si kecil. Lalu buat keputusan untuk lanjut atau meminta pengganti dari pihak penyedia jasa. 

Sayangnya, tidak semua penyedia jasa memberikan kemudahan jika Anda menginginkan pergantian pekerja atau bahkan biaya pergantian pekerja yang mahal dan tidak diinformasikan sejak awal sering kali dirasakan. Namun, tidak dengan Maidium. Segala proses transparan termasuk seluruh biaya. Semua informasi yang Anda butuhkan dipaparkan di awal.

Proses pemesanan sederhana, dengan mengakses maidium.id maka Anda dapat memesan pekerja pilihan Anda tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Share this Post:

Artikel Terkait