Tips Agar Asisten Rumah Tangga Awet dan Betah

Tips Agar Asisten Rumah Tangga Awet dan Betah

Menjadi seorang majikan pasti mempunyai kesan tersendiri untuk para asisten yang membantu pekerjaan di rumah. Para asisten rumah tangga yang bekerja itu mempunyai kontribusi penting dalam membantu pekerjaan kita khususnya kita yang bekerja di kantor, dan para majikan pun mempunyai harapan untuk membuat mereka betah bekerja.

Di era sekarang tak jarang ditemukan berbagai kejadian yang tidak selayaknya terjadi terhadap para pembantu rumah tangga. Kejadian ini seharusnya menjadi titik balik para majikan untuk selalu membangun hubungan baik dengan para asisten rumah tangga. 

Setelah Anda mendapatkan asisten rumah tangga sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan di Maidium, berikut ini beberapa tips untuk dapat anda terapkan kepada para asisten agar mereka betah dan awet bekerja bersama Anda:

 

Berikan mereka kesan nyaman

Nyaman merupakan aspek penting demi keberlangsungan kerja para pembantu rumah tangga. Bukan selalu berupa materi dan gaji yang menjadi hal pemberi kenyamanan, bisa juga berupa tempat istirahat yang layak, pakaian, atau bisa juga kebutuhan penunjang hidup mereka. Sebisa mungkin kita menghormati dan tidak merendahkan status mereka sebagai pembantu rumah tangga. Berikan juga kepercayaan kepada mereka untuk menjaga rumah dengan adanya anak-anak di sana.

 

Berikan medan naaman

 

Pentingnya komunikasi

Kita harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan para asisten dirumah. Bertukar kabar dengan bertanya bagaimana kondisi rumah merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan mereka, atau bisa juga dengan memberikan info jika kita akan pulang terlambat. Jika tidak memungkinkan berkomunikasi langsung, dapat juga berkomunikasi melalui media elektronik dengan mengirimkan pesan singkat. Dianjurkan juga untuk berbicara yang sopan dan santun agar dapat memberikan kesan baik untuk kita di mata mereka. 

 

Pentingnya komunukasi

 

Perhatikan kondisi kesehatannya

Janganlah kita mengabaikan kondisi kesehatan mereka. Pantaulah pola makan mereka dengan memberikan asupan yang layak. Sebisa mungkin untuk tidak membedakan makanan apa yang kita makan dengan apa yang mereka makan. Jika mereka sakit, berikanlah kesempatan untuk mereka beristirahat demi memulihkan kondisi kesehatan mereka. 

 

Perhatikan kondisi kesehatannya

 

Pentingnya hari libur 

Para asisten rumah tangga juga sama seperti halnya kita yang memiliki rasa jenuh dalam bekerja. Sesekali berikanlah hari libur untuk mereka. Kita juga bisa mengajak mereka untuk berlibur bersama agar ikatan antara majikan dengan para asisten rumah tangga terjalin dengan baik.

 

Hari lieber

 

Berikan tambahan ilmu

Kebanyakan para asisten rumah tangga merupakan lulusan sekolah dasar atau sekolah menengah. Ilmu yang mereka punya pun terbatas. Sebisa mungkin kita berbagi ilmu yang kita punya untuk mereka. Kita juga bisa kembangkan keahlian lain yang mereka punya misalnya menjahit atau memasak. Bekalkan juga dengan buku bacaan yang dapat mereka gunakan untuk menambah ilmu yang ada.

 

Tambahan ilmu

 

Sesekali beri uang jajan

Disamping adanya gaji pokok yang mereka dapat tiap bulannya, berikan juga “uang jajan” untuk mereka. Ini bukan hal yang harus dilakukan tiap bulannya, tetapi ini bisa menjadi alternatif lain jika mereka tidak mengambil hari libur yang kita berikan.

 

Berikan yang japan

 

Pentingnya kesempatan bersosialisasi

Sebagaimana manusia pada umumnya yang membutuhkan orang lain, para asisten rumah tangga pun begitu. Mereka berkesempatan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Berikanlah kebebasan untuk mereka bergaul dengan orang di sekitar lingkungan rumah. Bisa juga dengan memperkenalkan mereka dengan keluarga kita yang lain.

 

Pentingnya bersosialisasi

 

Jangan batasi dengan banyak peraturan

Hal terakhir yang dapat diterapkan adalah tidak membatasi ruang bergerak mereka dengan peraturan yang kita buat. Jika terlalu banyak peraturan yang harus dilakukan, kadang akan membuat mereka terasa terkekang. Akibatnya para pembantu tersebut merasakan ketidaknyamanan dalam bekerja. Itu yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan mereka.

 

Itulah beberapa tips dari Maidium yang dapat Anda terapkan agar para pembantu awet dan betah. Setidaknya beberapa poin di atas dapat menjadi acuan dan pertimbangan untuk kita semua. 

Share this Post:

Artikel Terkait