Maidium: Penyedia Pekerja Rumah Tangga Outsource, Pertama di Indonesia!

Maidium: Penyedia Pekerja Rumah Tangga Outsource, Pertama di Indonesia!

Jargon “Maidium Beda” yang sering tertuang dalam bentuk hashtag #maidiumbeda di akun Instagram maidium.id bukanlah isapan jempol belaka. Maidium memang beda, terutama jika dibandingkan dengan perusahaan, agen, lembaga, atau yayasan di Indonesia ini yang mengklaim sebagai penyedia dan penyalur tenaga kerja rumah tangga, khususnya pekerja Pembantu Rumah Tangga (Asisten Rumah Tangga), Baby Sitter (Pengasuh Anak), dan Perawat Lansia.

Lalu apa bedanya? Apa yang membedakan antara Maidium dengan para penyalur pekerja rumah tangga tersebut? Apa pula keuntungan dan kerugian yang diterima para pengguna jasa terhadap perbedaan fungsi tersebut?  

 

Penyalur Pekerja di Indonesia

Sebagaimana kita ketahui bersama, kebanyakan penyalur pekerja – sesuai istilahnya – ya hanya menyalurkan pekerja. Mereka merekrut calon pekerja, sebagian ada yang menyediakan tempat penampungan dan melakukan pelatihan, kemudian melepaskan calon pekerja tersebut ke calon pengguna jasa (baca: calon majikan) yang berminat dan sepakat. Selesai. Ya, hubungannya terputus sampai di situ saja.

Artinya, jika di kemudian hari terjadi hal-hal yang melenceng atau berada dalam kondisi di luar yang seharusnya dari si pekerja – sebut saja: keterampilan tidak sesuai yang dijanjikan, berselisih, melakukan tindak kriminal, hingga kabur – maka itu di luar tanggung jawab penyalur. Nah, inilah yang sering menjadi keluhan pengguna jasa, yang pada akhirnya merusak citra/image dari dunia usaha penyediaan tenaga pekerja rumah tangga ini.

Sebaliknya, jika terjadi hal-hal melenceng dari sisi pengguna jasa, misalnya adanya tindak kekerasan fisik, pembulian, atau pelecehan seksual dari majikan terhadap pembantu, hingga pembayaran gaji yang tidak lancar, maka ini juga bukan menjadi urusan penyalur. Hal ini tentu saja akan menghantui para calon pekerja dan pihak keluarganya.  

 

Kontrak Kerja Profesional Maidium

Sementara di Maidium, kekhawatiran-kekhawatiran dari kedua belah pihak tersebut bisa sangat diminimalisasi. Kok bisa begitu? Ya, karena Maidium bukan hanya sekadar berfungsi sebagai penyalur pekerja. Maidium memposisikan para pekerja rumah tangga tersebut sebagai partner atau mitra kerja.

Ada ikatan kontrak antara Maidium dengan pekerja, kontrak antara Maidium dengan pengguna jasa, dan kontrak antara pengguna jasa dengan pekerja. Kontrak resmi berdurasi minimal 1 tahun tersebut terdiri dari pasal-pasal yang melindungi hak-hak dari kedua belah pihak, sehingga baik pihak pekerja maupun pihak pengguna jasa tidak ada yang saling merugikan atau dirugikan.

Kontrak kerja sama Maidium

-- Ini adalah contoh potongan kontrak antara pengguna jasa dan pekerja

 

Saat bekerja menjalankan tugas di tempat pengguna jasa, para pekerja akan berperan sebagai pekerja outsource dari Maidium. Selama kontrak kerja sama berlangsung, Maidium akan melakukan monitoring aktivitas outsourcing ini, berperan menjadi penengah jika terjadi perselisihan, dan bertanggung jawab jika terdapat pelanggaran dari setiap pihak.

 

Salah satu contoh bentuk tanggung jawab dan konsekuensi tersebut adalah Maidium siap mengganti (replacement) seorang pekerja dengan pekerja lainnya, jika terdapat keluhan dan permintaan penggantian dari pihak pengguna jasa. Penggantian ini tidak memungut biaya tambahan ke pengguna jasa. Tentu saja proses ini bisa dilakukan jika ada alasan yang kuat dan jelas, serta sudah melewati investigasi di kedua belah pihak.    

 

Cara Kerja & Aplikasi Maidium

Maidium didukung penuh oleh aplikasi dengan sistem yang didesain sedemikian rupa yang memfasilitas kolaborasi aktivitas online dan offline. Maidium melakukan banyak hal, dimulai dari proses perekrutan calon pekerja dari para sponsor dengan sejumlah persyaratan.

Seleksi yang dilakukan antara lain berkaitan dengan skill (keterampilan), attitude (perilaku), dan kondisi kesehatan yang dibuktikan melalui pemeriksaan di laboratorium yang ditunjuk. Calon pekerja juga harus memiliki kelengkapan dokumen, yaitu KTP, KK, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dan surat izin dari pihak keluarga.

Setelah lolos tahap seleksi awal, calon pekerja akan mengikuti proses pelatihan sesuai keahlian profesinya, yaitu menjadi Asisten Rumah Tangga, Baby Sitter, atau Perawat Lansia. Pelatihan di sini bertujuan untuk standardisasi ketrampilan yang sesuai dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Ini adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup banyak aspek, yaitu pengetahuan, keterampilan, keahlian, sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Booking & Wawancara Pekerja Online

Pekerja kemudian akan listing, yaitu profilnya tampil di website Maidium.id sehingga para visitor website dapat melihatnya. Calon pengguna jasa yang sudah mendaftar, dapat melakukan booking pekerja yang diminatinya. Maidium memberikan ruang kepada calon pengguna jasa untuk dapat melakukan interview (wawancara) secara online kepada calon pekerja.

Booking pembantu rumah tangga online di Maidium

-- Booking pekerja dapat dengan mudah dilakukan di website Maidium

 

Proses selanjutnya, Maidium melakukan survei ke calon pengguna jasa dengan mandatangi langsung lokasi tempat tinggalnya. Ini penting untuk melindungi pekerja, apakah kondisi calon pengguna jasa, kebenaran data yang sudah diberikan, dan persyaratan dasar lainnya terpenuhi. Setelah semua pihak sepakat, pekerja pun siap diantar ke rumah pengguna jasa untuk mulai bekerja.

 

Pemantauan Kinerja Pekerja

Fungsi Maidium tidak berhenti sampai di sini. Maidium akan melakukan maintenance secara berkala selama kontrak berlangsung. Team Maidium akan mengunjungi (baik kunjungan langsung maupun melalui sambungan telepon) ke rumah pengguna jasa. Ini sangat berguna untuk melihat dan memantau perkembangan kondisi kedua belah pihak, apakah mereka baik-baik saja.

Dari sisi pengguna jasa, apakah mereka puas dengan kinerja dan perilaku pekerja selama ini. Dari sisi pekerja, apakah mereka betah dan tetap termotivasi untuk bekerja dengan baik di tempat tersebut. Semua pihak berhak menyampaikan keluhan dan masukan jika memang itu ada dan dirasakan. Maidium sebagai penengah akan mencarikan solusi terbaik untuk kebaikan kedua belah pihak. Win win solutions!

Solusi Pembantu

 

Solusi Pertama di Indonesia

Inilah yang membedakan Maidium dengan lembaga, agen, perusahaan, yayasan penyalur pekerja rumah tangga pada umumnya yang ada di Indonesia. Maidium adalah perusahaan penyedia tenaga pekerja rumah tangga outsource profesional pertama di Indonesia, yang didukung oleh aplikasi seleksi dan booking online yang komprehensif, untuk memberikan solusi terbaik untuk pengguna jasa dan pekerja melalui ikatan kontrak kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Mau?

Share this Post:

Artikel Terkait