Cari Pembantu Kini Semudah Beli Baju

Cari Pembantu Kini Semudah Beli Baju

Ingat zaman dulu, saat orangtua kita butuh pembantu baru, gara-gara pembantu yang lama pamit pulang kampung dan tak kembali bekerja lagi, karena mau dikawinkan? Apa yang dilakukan orangtua kita saat itu adalah berusaha menghubungi kerabat-kerabat yang tinggal di kota-kota kecil atau pedesaan, guna mencari informasi ketersediaan tenaga pembantu yang siap bekerja. Butuh waktu untuk menunggu hasilnya.

Selain itu, pembantu-pembantu yang bekerja di tetangga sekitar rumah juga bisa ditanya dan dimintai tolong untuk mendapatkan informasi itu. Apakah ada teman atau saudara mereka yang siap menjadi pembantu juga. Ini juga butuh kesabaran untuk menunggu.

Tak jarang juga orangtua kita jemput bola ke daerah-daerah untuk berburu pembantu secara langsung karena sudah terdesak kebutuhan. Relatif lebih cepat jika beruntung, tapi tentu saja ini membutuhkan ekstra tenaga, waktu, dan biaya. Effort-nya besar, sangat melelahkan.

Jika tidak mau pusing, bisa datang atau menghubungi langsung ke yayasan dan agen-agen penyalur tenaga kerja yang ada. Praktis, tinggal membayar sejumlah rupiah lebih untuk menebus pekerja di yayasan tersebut, si pembantu baru bisa langsung kita “bungkus”.

 

Semudah Belanja Baju Online

Perkembangan zaman pun menyuguhkan kemudahan-kemudahan dan kepraktisan. Setelah pembantu ditawarkan melalui iklan di koran-koran, kini pemasarannya merambah ke dunia online.

Para pemain bisnis ini, dari yayasan dan agen penyalur pembantu rumah tangga, memanfaatkan teknologi online ini dengan cara beriklan di sejenis iklan baris online, media online, dan mesin pencarian (sebut saja: Google). Selain itu penyebaran info dilakukan di sejumlah social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

Cari pembantu semudah beli baju online

Tak ketinggalan mereka membangun sebuah website, yang ditampilkan secara serius maupun sederhana apa adanya. Bagaimanapun kehadiran website ini penting, selain untuk menyampaikan informasi lebih lengkap dengan cara ekonomis-praktis, website juga akan menunjukkan tingkat keseriusan, kepercayaan, tanggung jawab, dan kemodernan. Website yang lebih disukai adalah yang mudah dan cepat saat diakses lewat handphone.

Bayangkan, hanya melalui telepon pintar dalam genggaman, sambil malas-malasan tanpa perlu beranjak dari tempat tidur di pagi hari, atau saat santai usai menikmati santapan makan siang, orang bisa menemukan calon pekerja rumah tangga yang dibutuhkannya. Kita bisa langsung menghubungi nomor kontak yang tertera untuk melakukan pemesanan pekerja.

Sebagaimana membeli baju di toko online, kita bebas pilah-pilih baju sesuai desain yang kita sukai, warna, data ukuran, harganya, dan ketersediannya. Kita hanya bisa mengandalkan gambar, data spek, dan rating/penilaian orang lain, tanpa bisa mencobanya dan juga merasakan kualitas lembut-kasar bahan kainnya. Setelah baju dipilih dan melakukan pembayaran sesuai aturan yang berlaku, baju akan dikirim ke rumah.

Begitu juga dengan memilih pekerja rumah tangga secara online. Setelah melihat fotonya, mengetahui data diri, rangkuman spesifikasi keahlian, ringkasan pengalaman, dan rincian biayanya, kita bisa melakukan pemesanan. Setelah prosedur pembayaran jasanya dipenuhi, maka pembantu pesanan bisa dijemput atau diantar ke rumah.

Tapi itu semua terlepas dari hal yang melekat di diri pekerja, yaitu sikap diri, sopan-santun, kejujuran, cara berkomunikasi, cara bekerja, cara merespon perintah, perkembangan motivasi kerja, dan latar belakang psikologisnya. Biasanya setelah serah-terima pekerja dari yayasan atau agen penyalur pekerja, hal itu akan menjadi risiko yang siap ditanggung majikan. Jika majikan beruntung, mereka bisa mendapat pekerja yang setia, loyal, dan sesuai harapan.

     

Bukan Beli Kucing dalam Karung

Tetap mengedepankan kemudahan, kepraktisan, kecepatan, dan kekinian dalam menemukan pembantu rumah tangga yang sesuai kebutuhan -- sebagaimana mudahnya membeli baju di toko online, Maidium hadir menawarkan zero-risk. Ya, risiko-risiko yang akan ditanggung majikan setelah serah-terima pekerja itu dapat diredam hingga minimal. Bahkan tidak hanya majikan, risiko untuk pekerja dan juga penyedia jasanya pun dapat diminimalkan.

Cari pembantu di Maidium semudah beli baju online

Saat calon majikan memilih-milih calon pekerja melalui website, ada petugas yang akan memandu untuk melakukan booking, dan menjawab semua pertanyaan yang ingin diketahui. Setelah ketemu calon pembantu yang cocok, petugas akan menjadwalkan wawancara online melalui video call antara calon majikan dan calon pembantu yang dipandu oleh penyedia pekerja.

Wawancara ini sangat penting untuk dilakukan, agar calon pembantu dan calon majikannya bisa saling mengenal di awal dengan melihat cara berkomunikasi. Calon majikan bisa tanya-tanya langsung ke calon pembantu sembari menguji singkat beberapa hal berkaitan dengan pekerjaan yang akan menjadi tanggung jawabnya. Tidak seperti membeli kucing dalam karung.  

Proses berikutnya setelah wawancara online adalah survei lokasi. Kali ini petugas dari Maidium akan mendatangi rumah calon majikan. Ini juga penting untuk memberikan perlindungan awal terhadap pihak pekerja. Dari survei akan diketahui lokasi rumah calon majikan, apakah benar tersedia kamar untuk calon pembantu, bagaimana suasana rumah dan lingkungan yang akan menjadi tempat kerja pekerja, hingga karakter anggota keluarga di rumah tersebut.

 

Menjaga Agar Tetap di Jalurnya

Satu hal lagi yang menjadikan mengapa Maidium berbeda dengan penyedia jasa pekerja lainnya adalah adanya fungsi monitoring. Selama kontrak berjalan, secara berkala akan ada proses monitoring di kedua sisi, pekerja maupun majikan.

Di sisi pekerja, Maidium memantau progress pekerjaannya apakah tetap berada di jalur yang benar, sesuai harapan majikan. Sementara di sisi majikan, Maidium memastikan tidak adanya indikasi penerapan aturan kerja yang overload (beban kerja berlebihan) maupun overlap (saling tumpang-tindih antara pekerjaan asisten rumah tangga dengan baby sitter).

Last but not least, Maidium akan menjadi pihak penengah jika selama kontrak berjalan terdapat perselisihan antara pekerja dan majikan. Maidium melihat dari dua sisi, tidak berat sebelah dalam menyelesaikan perselisihan tersebut hingga dapat berjalan baik kembali.

Share this Post:

Artikel Terkait